Rabu, 12 September 2012

Semangat Liem

Liem adalah seorang imigran dari sebuah keluarga miskin di provinsi Fujian di Tiongkok. Dia datang ke Indonesia pada tahun 1898 bersama ayahnya. Tak lama setelah tiba di Indonesia, ayahnya meninggal. Sebelum meninggal, Liem dititipkan disebuah keluarga di Bojonegoro. Di keluarga tersebut Liem menerima pelajaran tentang keuangan. Hingga umur sebelas tahun Liem diasuh di keluarga tersebut.

Setelah itu, Liem hidup mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berjualan makanan kecil di dalam gerbong kereta jurusan Surabaya-Jakarta dengan cara melompat masuk pada malam buta. Liem pernah berjualan makanan kecil selama 18 bulan penuh tanpa istirahat sekalipun.

Tidak lama setelah menikah, Liem mendapatkan pekerjaan sabagai peracik dan pelinting rokok di sebuah pabrik rokok di Lamongan. Dari situ Liem memperlihatkan kemampuan alaminya dalam meracik & melinting rokok. Namun tidak lama kemudian, Liem berhenti dari pekerjaannya itu dan menyewa sebuah warung kecil di Jln.Tjantian di Surabaya Lama. Di warung tersebut Liem bersama istrinya berjualan bahan makanan kecil, sedangkan Liem berusaha berjualan rokok racikannya sendiri.

Siapakah Liem Ini?

Beliau adalah Liem Seeng Tee pendiri PT. HM Sampoerna, sebuah perusahaan rokok raksasa di Indonesia. Dia adalah generasi pertama dari keluarga Sampoerna; ayah dari Aga Sampoerna dan kakek dari Putera Sampoerna. Sampoerna terus berkembang menjadi perusahaan raksasa meski sempat mengalami beberapa masalah, di antaranya pabrik yang terbakar.

Pesan Cerita :

Untuk mencapai sukses tentu saja tidak mudah, karena kita juga harus menyikapi kegagalan dengan baik jika memang kita menghadapi kegagalan. Untuk mencapai sukses kerap kali kita harus melewati kesalahan serta kegagalan dalam hidup. Banyak orang ingin sukses tapi sedikit sekali yang berani untuk menghadapi kegagalan. Kalau kita ingin sukses, kita tidak boleh takut gagal.

0 komentar:

Posting Komentar

 

MiuAsakura Blog © 2008. Template Design By: SkinCorner