Senin, 13 Agustus 2012

Petani China Mengayuh Becak ke London Untuk Mengobarkan Semangat Olimpiade

Seorang petani dari China mengklaim telah menghabiskan waktu selama 2 tahun mengayuh sepeda untuk tiba di Kota London, lokasi penyelenggaraan Olimpiade 2012.

Seperti diberitakan laman uk.news.yahoo.com, Jumat (27/7), petani bernama Chen Guanming,57, menempuh jarak 60.000 kilometer, melalui 16 negara untuk mencapai London.

Menurut Chen, tujuannya bersepeda sejauh itu adalah untuk menebarkan semangat Olimpiade. Dia menuturkan, untuk mencapai London, dia mengalami berbagai peristiwa, seperti banjir, melewati gunung, melewati zona konflik, mengamali cuaca ekstrem, dan melewati beberapa negara seperti Afghanistan, Iran, dan Pakistan.

Chen terinspirasi melakukan perjalanan ke London, ketika Walikota London Boris Johnson menerima bendera Olimpiade di Stadion Sarang Burung di Beijing saat penutupan Olimpide tahun 2008 di China.

Video rekaman memperlihatkan, Chen menunjukkan paspor dan visa saat dia memasuki negara-negara yang dilaluinya. Dia harus bersusah payah bersepeda di Malaysia, Vietnam, dan terjebak banjir di Thailand.

Di Myanmar, ujarnya, dia ditolak karena alasan visa, sehingga dia memutar rute perjalanan melalui pegunungan Tibet.

Saat mencapai Turki melalui Pakistan, Afghanistan dan Iran, dia mengalami salju turun selama empat hari.

Chen akhirnya tiba di London pada 6 Juli, di mana pengusaha Inggris bernama John Beeston – yang bisa berbahasa Mandarin – menemukan Chen di Regent Street. John melihat Chen dalam keadaan putus asa, dan tidak tahu arah.

Sepeda Chen yang dihiasi beragam cinderamata dari berbagai negara yang dilewatinya, menarik perhatian John. Chen tak menduga John bisa berbahasa Mandarin, sehingga dia sangat gembira bertemu John.

“London sangat indah,” kata Chen kepada BBC.

“Saya ingin datang ke sini karena saya ingin seluruh dunia mendukung Olimpiade dan menjadi bagian dari Olimpiade.”

John mengatakan: “Apa yang dilakukan Chen tak berbeda dengan Marco Polo.”

0 komentar:

Posting Komentar

 

MiuAsakura Blog © 2008. Template Design By: SkinCorner